Pengertian Dan Fungsi Virtualbox


Assalamu'alaikum
Naaah, kalian kali ini author akan bahas tentang virtualbox. Mau tau kegunaan virtualbox untuk apa aja? Simak lebih lanjut artikel dibawah ini..

Virtualbox adalah software gratis milik Oracle yang fungsi utamanya adalah mem-visualisasi-kan sebuah atau banyak Sistem Operasi (OS) di dalam Sistem Operasi utama kita.

Jadi sobat tidak perlu punya banyak komputer untuk memakai atau menguji beberapa Sistem Operasi.
Misalnya:
OS utama sobat adalah Windows 8 namun sobat juga ingin merasakan OS lain yang di perkenalkan teman, ‘Linux Mint’. Maka sobat bisa menggunakan Virtualbox ini untuk menjalankan Linux mint tersebut tentunya dalam mode virtual alias simulasi. untuk lebih lengkapnya inilah fungsi fungsi virtualbox



Fungsi-Fungsi Virtualbox

#1. Mencoba Operation System apapun.

Virtualbox dapat memainkan semua sistem operasi baik itu menggunakan windows, linux atau turunan Linux lainnya. Virtualbox juga dapat dipergunakan untuk mengujicoba OS baru.

#2. Sebagai media untuk anda membuat simulasi jaringan.

Di dalam Virtualbox sobat dapat membuat banyak mesin virtual dan memainkannya sekaligus. hebatnya kita dapat menggabungkan semua mesin yang aktif tadi dalam satu jaringan. Seolah olah sobat punya banyak komputer yang terkoneksi.

#3. Sebagai komputer yang fleksibel dan dapat kita pindah-pindah sesuka hati kita.

Misalnya kita dapat membuat sebuah server antivirus dan server absensi sekaligus untuk keperluan kantor dalam bentuk virtual di satu komputer.
Nah server antivirus dan absensi tadi dapat kita pindah ke komputer lain dengan memindahkan mesin virtual kita ke komputer lain jika sewaktu waktu komputer utamanya rusak. biasanya format file virtualbox berekstensi .VDI . maka tinggal copas vdi nya saja ke komputer lain.



Pertanyaan ini sering saya dengar dari orang yang baru nyoba virtualbox

# Berapa sih jumlah maksimal mesin virtual yang bisa di jalankan sekaligus pada Virtualbox ?

Sebanyak banyak nya , asalkan sumber daya PC atau laptop sobat mampu.
Satu mesin virtual yang aktif ada jatah RAM tersendiri, untungnya jumlah RAM yang digunakan dapat sobat setting semau sobat, di kira kira saja berapa besar RAM yang dijatahkan agar mesin virtual tersebut tetap berjalan lancar. Jumlah banyaknya ram yang digunakan untuk mesin-mesin virtual akan mengurangi jumlah RAM yang digunakan untuk menjalankan OS utama.
Amannya sih jangan sampai OS utama kekurangan sumber daya RAM. Selain itu kinerja prosesor juga akan terbagi.



# Apakah aman seandainya saya menggunakan mesin virtual secara terus menerus, untuk menggantikan komputer biasa gitu ?

Aman saja, bahkan saya menggunakan Virtualbox untuk menjalankan Server Database. Hidup 24 jam nonstop. Sebenarnya tergantung spesifikasi komputernya juga, kalau mpot mpotan menjalankan mesin virtual ya sebaiknya jangan.



# Bagaimana Caranya supaya mesin Virtual yang saya jalankan seolah olah jadi komputer betulan di jaringan kantor ?

Tiap tiap mesin virtual yang dibuat memiliki settingan kartu jaringan masing masing, gunakan mode Bridge agar seolah olah jadi komputer betulan. syaratnya harus terkoneksi ke jaringan lokal. jangan lupa setting IP nya.
biar lebih jelas baca : Mode jaringan yang dapat digunakan pada Virtualbox



# Kenapa tidak ada pilihan untuk membuat virtualisasi sistem operasi 64 bit pada virtualbox saya ?

Perlu di perhatikan, Jika ingin membuat dan menjalankan mesin virtual 64bit maka komputer utamanya harus ber OS 64 bit juga. sedangkan jika Komputer utama sobat sudah 64 bit maka seharusnya bisa menjalankan mesin virtual 32 maupun 64 bit.

Namun pada kasus tertentu yang biasanya terjadi pada Windows 8 sekalipun host sobat sudah 64 bit tetap tidak bisa menjalankan virtual mesin 64 bit dikarenakan harus men setting terlebih dahulu pada BIOS dengan mengaktifkan fitur Virtualisasi di dalam menu security, Enable kan Intel Virtualization Tech dan fitur VT-d.
lalu masuk control panel > turn windows feature on or off > matikan fitur Hyper-V.

————————–

Sobat bisa download softwarenya secara gratis di http://virtualbox.org/wiki/Downloads/

virtualbox dapat dijalankan disemua OS. Dalam mengaplikasikan Virtualbox ini ketika saya memakainya di linux ternyata lebih ringan dibandingkan ketika menggunakannya di Windows dengan kekuatan hardware yang sama, meskipun sebenarnya di windows juga tidak mengalami masalah yang berarti sih.

Yaa, Kira kira seperti itulah pengertian dan fungsi Virtualbox.
Jangan lupa share dan comment yaa
semoga bermanfaat

Author: Mr.Google
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments